[Xmodmap] Cara Mudah Memasang Huruf Ö dan Ŵ di Papan Ketik Komputer

Photo by PIX1861 licensed under CC BY 1.0

Mengetik teks panjang dalam bahasa Nias tidak jarang melelahkan, karena untuk menghasilkan huruf ö/Ö dan ŵ/Ŵ kita harus menggunakan tombol kombinasi, yang lama-lama terasa tidak nyaman dan bahkan menghambat laju kecepatan mengetik.

Itu pun hanya berlaku bagi orang yang tahu memakai tombol kombinasi untuk menghasilkan huruf-huruf tsb. Mereka yang tidak melek komputer dan karena itu tak tahu mencari tombol kombinasi, secara terpaksa mereka "memperkosa" bahasa Nias.

Misalnya tak jarang saya lihat orang menulis bahasa Nias dengan cara aneh. Ada yang mengganti huruf ö dengan huruf o, sehingga menulis böwö (jujuran, budi) sebagai bowo (buah bowo) yang sama sekali beda arti. Ada pula yang mengubah huruf ö menjadi e, sehingga kata böwö di atas menjadi bewe (bibir), yang artinya jauh berbeda.

Dalam tulisan ini saya menjelaskan bagaimana cara memanipulasi papan ketik komputer, yang membuat pengetikan huruf ö dan ŵ semudah mengetik huruf-huruf lainnya.


Cara memasang huruf ö dan ŵ di papan ketik komputer

Petunjuk berikut berlaku bagi desktop Linux (siapa sih masih memakai Windows dan MS Office bajakan dewasa ini?). Saya sendiri telah memakai Ubuntu (salah satu dari banyak desktop linux) sejak tahun 2004, jadi tidak pernah repot-repot dengan berbagai masalah Windows dan serangan virus!

Ada dua cara menyediakan kedua huruf tsb. Yang pertama adalah dengan langsung memetakan ulang tombol papan ketik (yeah, bukankah ini tujuan tulisan ini?). Dan yang kedua adalah dengan memakai tombol kombinasi (pakai tombol Win sebelah kanan).


Cara pertama: peta ulang tombol keyboard (tanda [ menjadi ö dan ] menjadi ŵ)

Ini metode yang saya pakai, karena lebih cepat daripada harus setiap kali menekan tombol kombinasi. Mengingat saya jarang sekali memakai huruf [ dan ] beserta { dan } maka saya peta ulang tombol bersangkutan ke ö dan ŵ. Saya tentu saja masih bisa menghasilkan tanda [, ], {, } melalui tombol kombinasi, yakni dengan menekan tombol Win Key sebelah kanan (lihat gambar papan ketik di bawah) sambil menekan huruf [, ], { dan }.

1. Kopi kode berikut ke dalam text editor dan simpan dengan nama .Xmodmap di home folder Anda.

! Keyboard remap for Nias characters
!keycode 134 = RIGHT WIN +

keycode 134 = Mode_switch

keysym o = o O odiaeresis Odiaeresis
keysym w = w W wcircumflex Wcircumflex

keycode  34 = odiaeresis Odiaeresis bracketleft braceleft
keycode  35 = wcircumflex Wcircumflex bracketright braceright


2. Ciptakan entri di Startup Application Preferences yang membuat supaya perintah xmodmap ~/.Xmodmap dijalankan setiap kali PC dihidupkan.

3. Untuk langsung memakai kedua huruf tsb. jalankan perintah berikut di terminal:

xmodmap ~/.Xmodmap

Setelah perintah ini dijalakan, Anda akan mendapatkan huruf ö setiap kali menekan [ dan huruf ŵ bila menekan ]. Untuk menghasilkan tanda [ tekan Win Key + [ dan ] dengan menekan Win Key + ]. Untuk tanda { dan } silakan menekan tombol kombinasi tsb beserta Shift, misalnya Shift + Win Key + [ atau ] untuk menghasilkan { dan }.

Bila Anda tidak ingin memetakan ulang tombol [ dan lebih suka memetakan kembali tombol lainnya, Anda harus mencari keycode dari tombol yang Anda maksud dengan menjalankan xev di terminal. Setiap kali Anda menekan satu tombol di papan ketik, xev akan menunjukkan keycode dari tombol tsb. Kalau mau ambil daftar kode keseluruhan papan ketik Anda, jalankan perintah xmodmap -pke di terminal.

Huruf ö dan ŵ bisa diakses melalui kedua tombol setelah huruf P
Original picture by Denelson83 licensed under CC BY-SA 3.0
Modified version by me


Cara kedua: pakai tombol kombinasi (menekan tombol Win sebelah kanan + o atau w) atau dalam contoh gambar di atas Win Key sebelah kanan

1. Kopi kode berikut ke dalam aplikasi editor (seperti gedit, atau entah apa editor yang tersedia di PC Anda). Silakan kopi untuk menghindari salah ketik kode.

! Keyboard remap for Nias characters
!keycode 134 = RIGHT WIN +

keycode 134 = Mode_switch

keysym o = o O odiaeresis Odiaeresis
keysym w = w W wcircumflex Wcircumflex

lalu simpan di home folder Anda dengan nama .Xmodmap


2. Bila Anda belum mengikuti langkah kedua pada cara pertama di atas, ciptakan entri di Startup Application Preferences yang membuat supaya perintah xmodmap ~/.Xmodmap dijalankan setiap kali PC dihidupkan.

3. Untuk langsung memakai kedua huruf tsb. tanpa harus mematikan dan menghidupkan kembali komputer, jalankan perintah ini di dalam terminal dan home directory Anda:

xmodmap ~/.Xmodmap

Secepat perintah ini dijalankan huruf ö akan tersedia bila menekan tombol kanan Win Key + o dan huruf ŵ dengan menekan tombol kanan Win Key + w. Untuk mengetik huruf besar silakan tekan juga Shift bersama tombol kombinasi tsb. misalnya Shift + Win Key + o.

Huruf ö dan ŵ bisa diakses melalui tombol kombinasi Win Key + [ dan ]
Picture by Denelson83 licensed under CC BY-SA 3.0
Modified version by me


Catatan: Petunjuk di atas tidak akan membuahkan hasil, bila Anda memakai Wayland sebagai modus tampilan grafis desktop. Namun kalau Anda sudah semaju itu, sehingga tahu memakai Wayland, maka Anda juga pasti sudah cukup tahu bagaimana mengkonfigurasi xkb untuk mencapai hasil yang sama dengan xmodmap dalam petunjuk di atas.

Kontak

Nama

Email *

Pesan *