Proyek Keyboard Nias untuk Menulis di Smartphone dan Komputer

Wajah dari Nias (Foto: Sirus Laia)

Ya'ahowu. Selamat datang di tempat, di mana Anda dapat mengenal proyek keyboard Nias lebih jauh.

Dalam tulisan ini saya beri latar belakang lahirnya proyek ini dan kemudian langkah-langkah yang saya tempuh untuk mewujudkannya.

Saya yakin Anda pernah mengalami pengalaman serupa berikut ini.

Saya mau mengetik sebuah dokumen dalam bahasa Nias di komputer. Namun lama-lama saya menjadi gerah, karena harus berakrobat menekan berbagai tombol kombinasi hanya untuk menampilkan huruf ö dan ŵ. Sekali dua kali hal ini masih bisa ditoleransi, tetapi karena kedua huruf itu terus menerus muncul dalam kosa kata bahasa Nias, lama-lama proses menekan tombol kombinasi tsb. melelahkan.

Demikian juga halnya bila mulai menulis pesan atau email di layar smartphone (HP). Untuk bisa mengetik huruf ö, saya harus menekan-tahan huruf o, menunggu sampai berbagai huruf tampil lalu memilih huruf ö dari antaranya. Kisahnya sama dengan pengetikan huruf ŵ.

Lama-lama proses menekan-tahan ini membuat jenuh, tapi juga menghambat laju kecepatan menulis.

Keyboard Inggris tidak ramah bahasa Nias
Picture by Denelson83 licensed under CC BY-SA 3.0

Padahal seharusnya hal ini tidak demikian. Papan ketik yang secara otomatis terpasang di komputer atau smartphone adalah papan ketik yang disediakan untuk bahasa tertentu, seperti bahasa Inggris (lihat gambar papan ketik di atas) atau Indonesia. Papan ketik itu tidak meng-akomodasi penempatan huruf ö dan ŵ, karena mereka yang menulis dalam bahasa Inggris atau Indonesia tidak memerlukannya.

Karena itu proyek keyboard Nias lahir. Saya ingin menciptakan papan ketik yang memberi kemudahan menulis dalam bahasa Nias dengan menyajikan huruf ö dan ŵ di papan ketik secara langsung. Untuk menciptakan papan ketik semacam itu, ternyata tidak terlalu sulit.

Pertama-tama untuk memungkinkan hal ini papan ketik komputer tak perlu dicat ulang. Seperti bisa dibaca di tulisan Cara Mudah Memasang Huruf Ö dan Ŵ di Papan Ketik Komputer, kita hanya perlu menulis baris kode kecil. Hasilnya bisa dilihat dalam gambar berikut. Setelah kode dijalankan, Anda bisa mengetik huruf ö dengan menekan tombol [ dan huruf ŵ dengan menekan huruf ]. Lebih jauh baca tulisan di atas.

Original picture by Denelson83 licensed under CC BY-SA 3.0
Modified to show ö and ŵ characters

Untuk memungkinkan hal ini di papan ketik smartphone (virtual keyboard) perlu usaha lebih, yakni menulis aplikasi Android.

Setelah bereksperimen selama tiga bulan lebih, saya sudah bisa menciptakan keyboard Nias, yang Anda bisa instalasi di smartphone Anda (lihat tulisan lain tentang Cara Menginstalasi Keyboard Nias di HP Android di situs ini). Dalam gambar di bawah ini Anda bisa lihat tampilannya ketika menulis pesan di Telegram.

Keyboard Nias kala chatting di Telegram

Tetapi proyek ini lebih dari sekedar pembuatan papan ketik Nias. Saya berkeinginan memberi kemudahan lebih jauh lagi dengan menyediakan fungsi pemeriksaan ejaan otomatis secepat mulai mengetik dan mengusulkan kata berikut yang bisa dipilih penulis. Hal ini bukan hanya mempercepat laju penulisan, melainkan juga meningkatkan mutu tulisan (menghindari terjadinya salah ketik).

Keyboard Nias dalam aksi. Secepat mulai menulis,
keyboard langsung mengusulkan koreksi dan kata berikutnya.

Ternyata untuk mencapai tujuan yang kedua ini saya perlu menempuh perjalanan panjang. Mesin komputer/smartphone ingin tahu aturan untuk pemeriksaan ejaan. Misalnya saya memasukkan kata töi dalam kamus komputer. Tetapi komputer juga perlu tahu apa aturan untuk awalan dan akhiran yang bisa ditempatkan di depan dan di belakang kata töi (manötöi, sotöi, utötöi, töinia, dst.). Selain itu dia perlu tahu apa aturan untuk memisahkan suku kata tsb, apakah ma-nö-töi atau ma-nö-tö-i.

Sayangnya saya belum memiliki aturan atau tatabahasa Nias. Jadi untuk mewujudkan proyek ini saya perlu menciptakan tatabahasa Nias sederhana, yang bisa diaplikasikan di komputer.

Selain itu saya masih harus belajar memakai program hunspell, yang dipakai di komputer untuk menerjemahkan aturan bahasa tsb. ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer.

Singkatnya proyek ini harus dibagi dalam dua tahap. Pada jangka pendek, saya menciptakan papan ketik bahasa Nias dengan kamus yang sederhana, sementara saya membangun kamus Nias dalam jangka panjang. Kamus Nias tsb. nanti harus dapat diproses oleh program hunspell di komputer sehingga siap pakai untuk komputer (misalnya di kala mengetik bahasa Nias dengan LibreOffice) dan smartphone (chatting dan menulis email).

Dalam tulisan berikut saya akan merincikan cara untuk memasang huruf ö dan ŵ di papan ketik komputer (lihat tulisan Cara Mudah Memasang Huruf Ö dan Ŵ di Papan Ketik Komputer). Kemudian menyusul tulisan tentang cara Instalasi Keyboard Nias di Smartphone Android.

Dari waktu ke waktu saya akan menulis tentang kemajuan proyek. Silakan mencek kembali kemajuan proyek ini dari waktu ke waktu. Dan tentu saja saya berterima kasih bila Anda menyumbangkan ide dan saran. Ya'ahowu!

Kontak

Nama

Email *

Pesan *